Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat


Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat



DokterSehat.Com– Bagaimana cara menjalani pola hidup sehat yang benar, pasti merupakan suatu pertanyaan yang sering Anda tanyakan keberbagai narasumber yang berhubungan dengan kesehatan bukan?
Pertanyaan tersebut juga yang membuat setiap orang menjadi penasaran, bagaimana bisa menjadi sehat, jika pola hidupnya saja tidak sehat.
Pola hidup sehat adalah salah satu yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang.
Sebenarnya pola hidup yang benar tidaklah sulit akan tetapi juga tidaklah gampang, karena setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda, ada yang bergadang tiap hari, akan tetapi tidak memengaruhi kesehatannya, akan tetapi ada yang bergadang hanya 1 hari langsung mengalami demam atau meriang. Hal ini disebabkan daya tahan seseorang yang berbeda-beda.
Agar bisa menjalani pola hidup yang sehat, kita harus mempunyai niat yang kuat, bila memiliki niat yang kuat maka yang harus dimiliki lagi adalah rasa kemauan yang kuat. Dengan adanya kemauan maka akan tercipta rasa kemampuan untuk bisa menjalani pola hidup yang sehat.
Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat
Selengkapnya berikut ini adalah langkah–langkah pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan setiap hari:
1. Berolahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita.
Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stres, menambah kebugaran tubuh dan masih banyak lagi.
2. Menjaga pola makan
Menjaga pola makanan yang harus dikonsumsi tersebut harus memenuhi standar kesehatan. Untuk itu kita dianjurkan mengetahui tentang makanan-makanan yang penting untuk kesehatan tubuh kita.
Pada umumnya, banyak orang sering tidak memerhatikan tentang hal ini. Banyak sekali makan yang bisa membahayakan bagi tubuh kita. Seperti makanan yang banyak mengandung pengawet, makanan junk food atau makanan cepat saji. Sebaiknya kita bisa mengatur pola makan seperti waktu-waktu yang baik untuk kita makan dan juga makan menyehatkan.
3. Kurangi asupan garam dan gula
Asupan garam yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Ada berbagai cara untuk mengurangi garam dalam diet:
·         Ketika berbelanja, kita bisa memilih produk dengan kandungan natrium yang lebih rendah.
·         Ketika memasak, garam dapat digantikan dengan bumbu, meningkatkan variasi rasa dan rasa.
·         Ketika makan, ada baiknya tidak menaruh garam di meja, atau setidaknya tidak menambahkan garam sebelum dicicipi.
Gula memberikan rasa manis dan rasa yang menggugah selera, tetapi makanan dan minuman manis kaya energi, dan paling baik dinikmati dalam jumlah sedang, sebaiknya dikonsumsi sesekali. Kita bisa menggunakan buah-buahan sebagai gantinya, bahkan untuk mempermanis makanan dan minuman kita.
4. Minum banyak cairan
Orang dewasa perlu minum setidaknya 1,5 liter cairan sehari! Atau lebih jika sangat panas atau mereka aktif secara fisik. Air adalah sumber terbaik, tentu saja, dan kita dapat mengonsumsi air mineral. Jus buah, teh, minuman ringan, susu, dan minuman lainnya, semuanya baik-baik saja untuk dikonsumsi dari waktu ke waktu.
5. Menciptakan lingkungan yang sehat
Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya, maka kita juga harus memerhatikan dan menjaga lingkungan kita. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup dilingkungan yang tidak baik seperti berkumpul dengan orang yang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, banyak terkena asap mobil dan lain-lain. Dengan lingkungan yang tidak baik, juga akan bisa memicu kesehatan kita.
6. Istirahat yang cukup
Banyak sekali yang mempunyai aktivitas banyak yang terkadang lupa dan tidak menghiraukan waktu istirahat kita. Bila mempunyai pola tidur yang berantakan seperti tidur yang terlalu larut malam dan harus bangun pagi-pagi untuk bekerja. Padahal apabila kurang istirahat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi.
Sebaiknya istirahat saat kerja di siang hari, paling tidak kita bisa tidur sejenak selama 20 menit agar pikiran kita bisa segar kembali. Tetapi kita harus bisa menata pola tidur kita yang baik supaya tidur bisa tepat waktu dan juga akan menyehatkan tubuh kita.
Nah, itu tadi penjelasan bagaimana pola hidup sehat yang bisa Anda praktikkan bersama keluarga di rumah, Teman Sehat!


0 komentar: