Pengertian Teknologi Jaringan 1G, 2G, 3G, 4G

Teknologi Jaringan 1G 2G 3G 4G

1G 2G 3G 4G adalah singkatan untuk kemajuan perkembangan generasi dari jaringan atau network. G adalah singkatan atau kepanjangan dari Generation alias Generasi, sedangkan angka di depannya merupakan tingkatannya.


Angka yang lebih tinggi sebelum G, berarti memiliki kemampuan dan fitur lebih banyak untuk mengirimkan dan menerima informasi, lebih lanjut lagi yaitu untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi melalui jaringan nirkabel (wireless).

Daftar Isi:

Definisi: 1G, 2G, 2.5G, 2.75G, 3G, 3.5G, 3.75G, 3.9G, 4G

Berikut adalah pengertian, perbedaan dan perkembangan teknologi jaringan 1G, 2G, 3G, 4G:

Teknologi 1G

1G adalah singkatan atau kepanjangan dari First Generation yaitu generasi pertama dari teknologi jaringan komunikasi, pada dasarnya merupakan sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk Analog. 1G dapat mengirim pesan teks dan membuat panggilan, namun 1G memiliki kelemahan terbesar, yaitu ketersediaan jaringan yang terbatas.
Perbedaan utama antara dua sistem jaringan 1G dan 2G adalah bahwa sinyal radio yang digunakan oleh jaringan 1G adalah analog, sedangkan 2G adalah digital.

Teknologi 2G

2G adalah singkatan atau kepanjangan dari Second Generation yaitu generasi kedua dari teknologi jaringan telepon selular dan yang pertama menggunakan enkripsi digital pada suatu percakapan.


2G menjadi jaringan telekomunikasi seluler generasi kedua yang diluncurkan secara komersial pada standar GSM. Jaringan 2G adalah yang pertama untuk menawarkan layanan data dan pesan teks SMS.
Jaringan 2G didasarkan pada jaringan digital, mampu meningkatkan kualitas panggilan dan juga mengurangi transmisi data yang kompleks. Keuntungan dari jaringan 2G memungkinkan konektivitas di seluruh dunia, dalam bentuk Semi Global Roaming.

2.5G GPRS

Generasi 2G berkembang menjadi 2.5G GPRS. GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service, secara teori memiliki kemampuan transfer data maksimal mencapai 50 kbit/detik.

2.75G EDGE

Generasi 2.75G EDGE. EDGE adalah singkatan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution, memiliki kecepatan transfer teoritis maksimum 1 Mbit/detik (dalam prakteknya 500 kbit/detik).


Teknologi 3G

3G adalah singkatan atau kepanjangan dari Third Generation yaitu generasi ketiga dari teknologi jaringan telekomunikasi, telah menjadi populer terutama kemampuan mengakses Internet melalui perangkat seperti ponsel pintar atau smartphone dan tablet.
Jaringan 3G menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dari 2G dan yang pertama untuk memungkinkan panggilan video.
3G, memiliki kecepatan transmisi yang berkisar antara 384 Kbps – 2 Mbps. 3G sebenarnya memiliki kemampuan transmisi data yang lebih, memungkinkan panggilan suara dan video, transmisi file, internet, TV online, melihat video kualitas tinggi, bermain game dan banyak lagi.


3.5G

3.5G adalah kemajuan perkembangan dari 3G, terkadang disebut juga Turbo 3G atau HSPA.
Teknologi HSPA adalah singkatan dari High Speed Packet Access yaitu Paket Akses Kecepatan Tinggi. Secara garis besar ini merupakan penggabungan dari dua protokol telepon selular yaitu HSDPA dan HSUPA.
HSPA dapat berkembang dan meningkatkan kinerja jaringan telekomunikasi generasi ketiga 3G dengan memanfaatkan jaringan WCDMA. Teknologi ini pertama kali mampu mencapai kecepatan transmisi hingga 14 Mbps untuk download dan 5.76 Mbps untuk upload.

3.75G

3.75G adalah kemajuan perkembangan yang ditingkatkan dari HSPA yaitu HSPA+atau disebut juga Evolved HSPA, dirilis tahun 2008 dan digunakan di seluruh dunia berikutnya mulai tahun 2010. Secara teoritis Teknologi ini mampu mencapai kecepatan hingga 42 Mbps.

3.9G

3.9G adalah kemajuan dari HSPA+, bisa disebut juga Advanced HSPA+ dan awal mula dari teknologi LTE untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan. LTE telah melakukan banyak pengujian kecepatan hingga memiliki beberapa macam kategori yang selanjutnya mampu mencapai standar untuk 4G.
Lebih lanjut:

Teknologi 4G

4G adalah singkatan atau kepanjangan dari Fourth Generation yaitu generasi keempat dari standar teknologi komunikasi telepon selular. Jaringan 4G, diyakini memberikan banyak fitur dan nilai tambah dari 3G.


Selain memiliki semua fasilitas 3G, transmisi data 4G diyakini mempunyai kecepatan transmisi berkisar antara 100 Mbps – 1 Gbps. Percakapan, internet, chatting, jejaring, permainan, video atau apa pun fitur yang ada di dalamnya dapat dinikmati lebih baik dari 3G.
4G LTE adalah singkatan atau kepanjangan dari Fourth Generation Long Term Evolution. Ini sebenarnya merupakan kombinasi dari dua istilah yang berbeda dan memiliki standar tersendiri. G merupakan singkatan dari Generation alias Generasi, sedangkan angka di depannya merupakan tingkatannya.
LTE adalah singkatan atau kepanjangan dari Long Term Evolution. Teknologi ini telah dipasarkan dan dikenal secara umum dengan istilah 4G LTE.
 Sumber: 
https://mainthebest.com/smartphones/definisi-jaringan-1g-2g-3g-4g/

0 komentar: